English English 简体中文 简体中文 Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

Sejarah Perusahaan

Yuan Teai Indonesia adalah perusahaan dengan bentuk fasilitas penanaman modal asing (PMA) dari Taiwan yang bergerak di bidang industri alat ukur meter air dan perlengkapannya.

Sejarah perusahaan pada awalnya didirikan di Taiwan pada tahun 1967, kemudian pada tahun 1996 berkembang dengan mendirikan anak perusahaan di Indonesia dengan nama PT. Yuan Teai Indonesia untuk bidang pemasaran. Disamping itu juga telah mendirikan anak perusahaan di tempat lain yaitu: Dong Guan, Qin Xi dan Hui Zhou di China.

Dengan melihat dan mempelajari pangsa pasar dan terbukanya pemerintah Indonesia yang membuka hubungan perdagangan internasional untuk modal asing, maka pada 1 Januari 1996 PT. Yuan Teai Taiwan mendirikan perusahaan dengan jenis produk yang sama di Mojokerto dengan nama PT.Yuan Teai Indonesia berlokasi di Ngoro Industrial Park Mojokerto menempati Kav. L 3-5 dengan luas lahan 27.000 meter persegi. Alasan didirikan pabrik di Indonesia adalah karena kemudahan dalam mendirikan usaha dan masih lebih ekonomis bila dibangun pabrik di Indonesia apabila dibandingkan negara asal serta belum ada industri tersebut di Indonesia sehingga akan memberikan keuntungan lebih baik bagi kedua belah pihak antara Indonesia dan Taiwan.

Pada Awalnya pabrik yang dibangun di Ngoro Mojokerto tersebut mempunyai kapasitas produksi sebesar 106.000 unit / tahun berupa main casing dan register boxing, asesories piping yang kesemuanya di ekspor Taiwan untuk mensuplai kebutuhan komponen tersebut di perusahaan induknya.

Selanjutnya terjadi pengembangan terhadap kemampuan perusahan untuk memproduksi yang lebih baik berupa unit meter air yang menjadi tumpuan utama untuk mensuplai kebutuhan unit meter air di perusahaan induknya sehingga semua produk tersebut diekspor dan hanya sebagian kecil utnuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yaitu 5 % dari total kapasitas produksinya.

Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 2005 dengan kemampuan perusahaan untuk bisa meningkatkan secara mandiri dengan dilengkapi unit pengecoran non ferraus untuk memproduksi main casing dari unit meter air sehingga unit meter air utuh sudah bisa dibuat di Indonesia.

Dengan adanya proses pengecocaran tersebut, Perusahaan bisa meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar pada tahun 2008 dengan kapasitas produksi naik sebesar 500.000 unit, Dan kesemua produksi tersebut diexport ke taiwan sebesar 90% dan lokal 10%. Sampai sekarang kemampuan produksi mencapai 605.000 unit meter air per tahun dan masih bisa berkembang dengan kapasita terpasang sekitar 750.000 unit / tahun

Melihat peluang dan pasar di indonesia tahun 2018 perusaan mengembangkan atau menambah bidang usaha yaitu industri pipa dan sambungan pipa dan industri penempaan, pengepresan, pencetakan dan pembentukan logam ( galvam dan kanal C )

Pemasaran dan Pangsa Pasar

Perusahaan menetapkan bahwa pemasaran diutamakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan induknya di Taiwan namun juga memenuhi kebutuhan dalam negeri sesuai dengan kebutuhan pemerintah Republik Indonesia dalam pembangunan rumah rakyat terutama di perkotaan.

Rata – rata pertumbuhan dalam pemasaran yang dilakukan PT. Yuan Teai Indonesia mencapai ± 10 % sejak berdirinya Tahun 1996.

Terlihat bahwa pemasaran berkembang lebih cepat mengingat perusahaan induknya telah memastikan bahwa pabriknya di Indonesia menjadi main production untuk seluruh komponen yang diperlukan untuk produk meter air.

Pangsa pasar secara umum sebenarnya masih terbuka luas karena kebutuhan meter air terus meningkat sejalan dengan pangsa pasar yang terbuka luas di seluruh dunia. Dengan demikian pertumbuhan produktivitas di PT. Yuan Teai Indonesia dipacu agar terus berkembang berkisar antara ± 8 – 12 % per tahun agar mampu mengimbangi kebutuhan pasar dunia.

 

Pengelolaan dan Manajemen

Sebagai tindak lanjut sesuai dengan tujuan perusahaan dalam menyediakan produk meter air yang dibutuhkan sesuai kebutuhan pasar maka diperlukan pengelolaan manajemen yang profesional dan handal agar pencapaian target produksi maupun sasaran produksi jangka panjang dapat terpenuhi.

Untuk mendukung pengelolaan manajemen yang profesional maka perusahaan juga telah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai persyaratan standar internasional ISO 9001:2008 dan SNI untuk menjamin keberterimaan mutu produk yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

Dengan berkembangnya perusahaan yang senantiasa menjaga mutu produk maka diperlukan sumber daya manusia dengan kompetensi sesuai bidangnya agar jaminan mutu produk tetap konsisten termasuk pemenuhan pelayanan terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Pengelolaan manajemen sumber daya manusia tersebut membutuhkan kedisiplinan yang tinggi serta mengutamakan keselamatan kerja dengan membentuk panitia pembina keselamatan dan kesehatan kerja ( P2K3 ), juga pengelolaan manajemen lingkungan menjadi perhatian perusahaan untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan menerapkan dokumen UKL – UPL. Untuk selanjutnya perusahaan juga berupaya dapat mencapai suatu kondisi dengan filosofi : “ Zero Reject, Zero Defect dan Zero Accident “.

Rencana dan Pengembangan

Perusahaan dalam jangka panjang akan melaksanakan pengembangan secara menyeluruh untuk kegiatan yang sudah dilaksanakan maupun pengembangan kegiatan segmen dan pangsa pasar.

Saat ini pengembangan masih difokuskan pada peningkatan kemampuan SDM, mutu produk, dan kapasitas produk sejalan permintaan perusahaan induknya di Taiwan.

Scroll to Top